Selasa, 28 Maret 2017

4Th Days Report ~

yak, berjumpa lagi :D
kali ini, pembahasan lebih ditekankan pada apa itu pers? serta apapun yang menjadi seluk - beluknya.
Check it out!!

Pers adalah media, baik media cetak maupun media massa. Pers lahir dari naluri alamiah manusia untuk mengetahui apa yang tejadi disekitarnya. Pers berfungsi untuk mengantarkan informasi kepada khalayak umum yang dilakukan secara sistematis, terorganisir, seiring berkembangnya teknologi.

fungsi utama pers adalah sebagai berikut :
     1.  To Inform (Menginformasikan)
     2. To Educate (Mendidik)
     3. To Influence (Mempengaruhi)
     4. To Entertain (Menghibur)
     5. To Mediate (Memediasi)

Kegiatan jurnalisme nampaknya sederhana yaitu sekedar mengumpulkan, menulis, dan menyiarkan informasi tapi sebenarnya kegiatan jurnalistik sangat komplek dan rumit, sebab ada tarik - menarik dalam berbagai kepentingan, kekuatan politik, dan keamanan dari kepentingan ekonomi atau bisnis.

ada 3 kategori tulisan di media umum, antara lain sebagai berikut :

    1. Fakta, yaitu berada pada berita dan karangan khas.
    2. Opini, yang mencantumkan tajuk rencana, artikel, pojok, karikatur, surat                pembaca.
    3. serta iklan atau advetorial.

Kegiatan jurnalistik bertujuan menghasilkan tulisan berisi fakta, bukan pendapat atau imajinasi wartawan. Kegiatan jurnalistik pada dasarnya adalah kegiatan untuk memindahkan realitas empirik kedalam realitas media-media. Realitas media bukanlah realitas empirik, karenanya harus memenuhi standar obyektivitas. objektivitas sendiri memiliki 2 elemen yaitu :
    1. faktualitas menyangkut kebenaran dan relevansi.
    2. impartialitas berkenaan dengan keseimbangan dan netralis.

Selain itu kami juga membahas tentang perbedaan informasi dan berita serta perbedaan pers dan media sosial.
  • Informasi dan berita
    Informasi adalah potongan pesan atau kumpulan pesan awal yang yang disampaikan seseorang dan diterima oleh orang lain. Sedangkan Berita adalah kumpulan informasi media yang telah dicek kebenarannya dan diverifikasi sebelum disampaikan kepada publik atau masyarakat luas. Perbedaannya terletak pada kebenaran atau aktualisasinya, jika informasi belum tentu kebenarannya, maka berita sudah pasti kebenarannya dan aktual.
  • Pers dan Media sosial
    Perbedaan pers dan media sosial sangat jelas jika pers menghasilkan berita maka media sosial hanya menghasilkan informasi. Pers cara produksinya bedasarkan kompetensi wartawan, sedangkan media sosial melalui komunikasi siapa saja. Pers ada ketuanya yaitu tim redaksi dan standarisasi sedangkan media sosial individu. Pers mempunyai kode etik jurnalistik sedangkan medsos tidak ada. Pers sendiri mempunyai beberapa jenis yaitu pers berkualitas, pers populer, pers kuning, pers komunitas, pers lokal, pers nasional, dan pers internasional.

Sekian dulu, semoga bermanfaat ^_^V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar